Monday 28 July 2014

Keseharian di Saat Lebaran

Muka kucel bangun tidur hari ini, nengok jam sudah pukul 07.30 dan teringat kalau hari ini hari libur yang harus dimanfaatin baik - baik. Dasar kalo sudah sadar pas bangun tidur dan inget hari libur, jam tidur jadi diperpanjang. Tetep aja, merem gak bisa lama - lama karena harus inget cucian setumpuk yang harus dieksekusi dalam beberapa tahap. Yah, beginilah kalo libur, kegiatan rutin cuma cuci baju sama bersih - bersih kamar sambil ngedengerin pesawat lewat seakan lagi ngomong "Gak mudik mas bro..?" Rasanya pengen pinjem nuklir Rusia terus diluncurin tiap ada pesawat lewat sambil bilang gitu.

Setumpuk cucian, mulai dari baju kerja sampai daleman didahuluin, daripada ntar kehabisan malah bingung dan tiba - tiba harus pakai kantong kresek, dikata mau Idul Qurban. Rasa - rasa gak enak pas mau nyuci sedikit terjawab ketika mesin cucinya agak gak mau muter gara - gara kepenuhan kemudian dapet shock therapy dari setruman air di mesin cuci eh belum lama langitnya mendung dan sampai sekarang ujan. Derita bertambah ketika sampai jam segini (sekita jam 13.00 WI Batam) belum sarapan. Rasanya harus guling - guling sampai perut kenyang.


Inget kalo hari ini, hari Lebaran jadi kebayang waktu kecil dulu yang hidupnya penuh kesenangan dan intrik ketika Lebaran tiba. Main ke rumah tetangga dari yang kenal sampai yang gak kenal sekalipun didatengin. Berharap bisa dapet amplop putih berisi doorprize karena kita gak tau apa yang ada di dalamnya. Pesona Nastar dan astor dulu yang gak tergantikan ditambah aroma sirup dingin dengan beragam rasa ketika kita memasuki rumah demi rumah. Ketika dirasa amplop di kantong sudah gak muat, pergilah kita ke markas rahasia untuk menghitung jumlah tip yang didapat sambil mengejek rekan seperjuangan apabila hasil tip nya tidak lebih banyak dari kita.

Ah, itu semua hanya tradisi semata yang hanya bisa kita rasakan semasa kecil. Menginjak dewasa kita harus lebih instropeksi diri dengan kesalahan kita. Jangan sampai kesalahan dulu terulang terus dan lagi. Intinya kita semua dimulai dari nol lagi sama seperti slogan SPBU. Jadi saya rasa SPBU adalah tempat yang paling memaafkan di sepanjang kehidupan kita, kita gak salah aja dimulai dari nol lagi.

SELAMAT IDUL FITRI 1435 H, Semoga kita jadi manusia yang semakin memanusiakan manusia lain...

No comments:

Post a Comment