Tuesday 7 October 2014

Belajar Mengenal Kekurangan Diri Sendiri

Beberapa hari ini, saya belajar banyak melalui pengalaman yang sudah saya dapatkan. Hal pertama yang saya pelajari adalah soal ketepatan waktu. Profesi guru memang harus menuntut saya kerja sana kerja sini. Maksudnya harus menyelesaikan administrasi kelas, guru dan sekolah. Sampai beberapa administrasi tidak tersentuh. Namun hal ini membuat saya sadar bahwa segalanya tidak baik kalau dikerjakan dalam sekali waktu. Jelas akan menghabiskan waktu dan tenaga. Imbasnya adalah keteteran daam hal mengumpulkan administrasi. Jelas itu saya rasakan sekarang. Mungkin sudah menjadi karakter saya seperti ini. Saya menikmatinya sembari merubah karakter - karakter jelek yang saya punya.
Hal kedua adalah soal hati-hati dalam berucap. Nampaknya peribahasa "Mulutmu, Harimaumu" pas apabila kita menjadi pribadi yang banyak omong ataupun suka menyepelekan suatu hal. Bukan karena apa, namun  ketidak hati-hatian dalam berucap dan sedikit bernada meremehkan akan jatuh kepada kita sendiri. Mungkin contoh nyatanya, pernah kita lihat secara langsung di kehidupan kita. Baik itu disengaja maupun tidak disengaja.

No comments:

Post a Comment